Friday 25 January 2013 Posted by AGUS MAKSUM 396 comments » Posted in , ,

Perbandingan Lengkap CB150R VS New Vixion



Setelah mengaspal sejak akhir tahun lalu, saat ini kelebihan dan kekurangan New Vixion Lightning dan CB150R sudah terang benderang. Spesifikasi hasil klaim dari pabrikan dan realitas di jalanan pun sudah terpampang, baik yang di publikasikan oleh Media, maupun Blogger yang berkesempatan mencicipi duo sport kelas menengah ini.

Lalu setelah setahun berlalu (sekalipun desember kan tahun lalu :P), bagaimana perimbangan keduanya di atas kertas dan di aspal jalan raya?



1. Desain


Kalau untuk desain keduanya tentu tidak perlu sampai test ride kita semua juga tahu kelebihan dan kekurangan keduanya. Yamaha New Vixion hadir dengan wajah yang benar-benar baru dibanding Old Vixion. Sementara CB150R justru sekilas mirip dengan Vixion generasi lawas. Body keseluruhan keduanya cukup ramping, namun CB150R terlihat sedikit lebih besar.

Rangka Deltabox milik trah Vixion masih dipertahankan, mesin yang terkesan menggantung berkesan tanpa penyangga membuatnya terkesan ringkas dan sporty. Sementara CB150R justru melakukan inovasi dengan menghadirkan rangka pipa yang berbentuk teralis, yang selama ini identik dengan motor Ducati Monster.

Bagian wajah kedua motor ini sekilas mirip, namun pada New Vixion bentuk lampu utamanya yang mirip Scorpio malah membuat kesan wagu, mengurangi kesan sporty yang muncul. Sementara di sektor buritan, tampak new vixion menonjolkan kesan meruncing khas motor batangan bergenre pure sport, sementara lagi-lagi CB150R masih sangat mirip dengan Vixion generasi awal.

Kesimpulan: Desain keduanya sebenarnya cukup berimbang, 11-12 lah. Tapi pendapat pribadi, Untuk bagian depan/muka CB150R lebih unggul, sementara buritan Vixion lebih ciamik.


2.       Finishing & Detail

Di bagian ini keduanya mendapat beberapa penilaian negatif, seperti model tutup tanki CB150R yang masih ‘jadul’, Posisi Nopol Vixion yang menambah kesan aneh bagian headlamp, Kick starter minimalis pada CB150R juga rumor berkarat pada rangka CB150R, wah rupanya lebih banyak CB150R ya ‘cacat’ nya. :D

Tapi pada New Vixion cacat pada nopol yang biasa disebut Fitur Koyo, ditebus dengan beberapa detail sempurna, seperti ukuran ban yang tergolong besar, juga detail dashbord yang apik, bisa menyapa pemiliknya lagi.

Untuk urusan Finishing dan detail, harus diakui Yamaha new Vixion Lebih Unggul

    
3. Performance
Ketika spesifikasi keduanya belum diumbar ke publik, saya sendiri sempat mengira New Vixion sangat sulit untuk mengimbangi CB150R, mengingat kubikasi yang diusung keduanya sama persis tetapi CB150R bertipe DOHC. Tapi rupanya Yamaha mampu menjawap tantangan Honda, setelah spesifikasi keluar, terungkap bahwa power dan tordi keduanya terpaut tipis saja. Power CB 150R 17PS @10.000 Rpm dengan torsi 13,1 Nm @8000 Rpm, Sementara New Vixion  diklaim memiliki power 16.59PS @8500Rpm dan torsi 14,5 Nm @7500Rpm.

Tetapi spesifikasi versi pabrikan tersebut bukan tenaga yang terukur on the wheel, untuk urusan yang satu ini rupanya tenaga puncak yang dihasilkan oleh New Vixion sedikit lebih baik dari CB150R. Setidaknya begitulah hasil dyno test yang dilakukan beberapa bengkel independen dan dipublikasikan ke dunia maya. Diantaranya data dyno test ultra speed menunjukkan power CB150R On the Wheel  14.02HP  @10210 Rpm sementara New Vixion justru lebih unggul dengan Power  14.32HP @8224 Rpm.

Untuk urusan Handling keduanya mendapat penilaian positif, masing-masing memiliki keunggulan. Sasis deltabox yang terkenal  mumpuni melibas tikungan seperti yang dipakai Honda maupun Yamaha di motoGp tentu tak perlu diragukan lagi. Sementara CB150R memiliki keistimewaan pada suspensinya yang sudah mengadopsi prolink.Sementara keduanya memiliki keistimewaan pada suspensinya yang sudah mengadopsi prolink pada CB150R dan Monocross pada New Vixion.

Untuk pengetesan di jalan raya rupanya CB150r unggul tipis dari New Vixion, untuk berakselerasi maupun topspeed yang mampu digapai. Sebagai informasi topspeed New Vixion yang di test oleh motorplus adalah 132 kmh sementara CB150R mampu menggapai 135 kmh. tapi patut dicatat kondisi motor dan biker saat melakukan test ride perlu dipertimbangkan, apalagi New Vixion memakai ban yang lebih besar dari CB150R, so hasil tersebut sepertinya masih sangat berimbang.


4. Konsumsi bahan bakar

Dari hasil pengukuran yang dilakukan bang Taufik TMCBlog, konsumsi bahan bakar New Vixion 50 Km/liter sedang CB150R 50,25 Km/liter. Wah, lagi-lagi sama baiknya. :D

5.  Harga
Harga yang dibanderol  AHM untuk CB150R sebesar Rp22.350.000,sementara New Vixion 50 ribu lebih mahal, Rp.22.400.000.


6. X Factor

Berbicara faktor X tentu akan sangat subjektif sekali. Tapi setidaknya kedua produk ini memiliki setidaknya satu faktor pemikat utama. Bagi CB150R tentu embel-embel turunan CBR150 Jadi daya pikat utama, sedang untuk New Vixion, nama besar dan reputasi Vixion tentu membuat tiap orang tidak meragukan produk Yamaha yang satu ini.

Selain keenam faktor tersebut tentu masih banyak variabel lain yang turut menentukan kesuksesan keduanya, seperti kemudahan modifikasi, resale value, sampai pilihan warna dan striping, nanti kalau ada waktu lain kali disambung lagi lah. :D

Last, menurut anda yang mana lebih jos gandosss? :D

396 comments:

«Oldest   ‹Older   401 – 396 of 396   Newer›   Newest»
«Oldest ‹Older   401 – 396 of 396   Newer› Newest»

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.