Pages

Saturday, 9 June 2012

Alasan Honda Menyuntik Mati Sonic Dan Tak Berminat Menghadirkan Ayago

image

Demi alasan yang lebih besar. Sepertinya Honda masih belum akan terjun ke segmen bebek super.


Saat ini Honda begitu nenguasai pasar Sepeda Motor tanah air, Bebek Dan Matic telah dikuasai tinggal menyisakan Motor Batangan yang hingga kini masih di genggam Yamaha.



Tapi di segmen bebek/underbone sendiri Honda "menyisakan" segmen Bebek Super untuk dimiliki Suzuki lewat Satria FU. Padahal sesungguhnya Honda pun sebenarnya bisa saja menelurkan produk yang sekuat FU, apa lagi kalau bukan Honda Sonic.


Uniknya, bukannya menghadirkan lawan sepadan tapi Honda justru mengeluarkan jagoannya yang kebih kalem, dan tentunya dengan kubikasi mesin lebih kecil. Yakni Honda CS1


Apa yang ada di benak AHM? Apakah takut Ayago nya tak laku?


Sepertinya tidak mungkin. Dengan nama besar Honda dan bagaimana antusiasnya Fbh menunggu kehadiran Sonic tentu Honda tak akan kesulitan jika harus bertarung dengan Suzuki.


Tapi toh nyatanya hingga kini sosok Honda Sonic 150 tak kunjung didatangkan, tapi di balik potensi besarnya, sesungguhnya Honda Sonic akan membuat dilema di tubuh AHM jika benar di datangkan ke mari. Apa itu?


Rusaknya Image


Sudah tidak diragukan lagi bagai mana kemampuan dari Ayago Honda ini, dengan mesin SOHC 125 saja sudah mampu mengungguli Ayago Suzuki kala itu, apa lagi 150cc nya, tentu motor batangan sekelas pun harus ikhlas diasapi. :D


Dengan tenaga yang demikian besar, tak diragukan pula bagaimana konsumsi bahan bakar si bebek super yang bisa buat kantong bolong. Hal inilah yang mungkin di khawatirkan Honda.


Lihatlah bagaimana usaha Honda agar produknya disemua segmen mampu mengungguli kompetitor di wilayah keiritan. Di bebek, saat Yamaha bermain di kubikasi 115 cc, Honda masih bertahan di 110 cc. Di bebek super Honda pun hanya menghadirkan CS1 yang 125 cc bandingkan dengan Yamaha yang 134cc atau Suzuki 150cc.

Dengan kubikasi yang lebih kecil Honda sepertinya berupaya agar image irit benar-benar melekat di setiap line up nya. So, sepertinya Honda tak ingin berjudi dan mempertaruhkan Image yang telah terbangun. Lebih baik kehilangan ikan kecil dari pada ikan besarnya terlepas kan bro

:D

Juni, Lupakan Teralis Saatnya EURO Lah Ni!

28 comments:

  1. Shaun The Sheeep

    ReplyDelete
  2. kalo di malaysia sonic diharamkan cz faktor keamanan bro...tp anehnya belang boleh dproduksi...mgkn alasan malaysia sj x ya...kl produk motor hrs produksi/dbuat di malaysia sdri...
    nah kl di indonesia produksix lahir si ceeeeees tu...haha

    ReplyDelete
  3. gak usah model ayago jg gpp kok,,,mndg pke body set pny old blade tuh,,,lbh mak nyus mlh klo mesin pke sonic,,,

    ReplyDelete
  4. sonic\satri FU kurang safety mka'a g dprdksi.it mnurutku

    ReplyDelete
  5. setuja... :) old blade direvisi dikit, kasih mesin yg yahud = joss tenan, old blade racy menurutku, dan motor ini klihatan berotot diantara bebek lain

    ReplyDelete
  6. galah pengering16 June 2012 at 18:30

    alasan lain, brosurnya sudah nggak muat karena kebanyakan produk. becanda kok

    ReplyDelete
  7. kalo gak salah yg takut face to face soal kapasitas mesin justru Yamaha...waktu rame bebek 125 cc bahkan hampir semua produk Suzuki 125 cc kecuali Smash en Satria...Yamaha malah main di 115 cc en 135 cc...sementara Honda main di 110 en 125...cmiiw

    ReplyDelete
  8. keputusan tepat honda tidak keluarkan ayago.
    karena ayago cuma jdi ajang alay.
    untuk fungsionalnya kurang.safety apalagi..jauh

    ReplyDelete
  9. slam hormat..
    sya adllah pengguna mtor honda khusus.y roda 2 ...


    mungkin sedikit masukan yg sya berikan kpda ahm ...
    utk segi pemasaran hrs.y honda melihat dri seemua sisi untk pemasaran ...
    krna jika honda melihat dri satu sisi saja akn merugikan satu sisi dri image honda sendiri ...
    jika sperti itu, bkankah d.thailand sendiri suzuki jga m.produksikan satria d.sana?
    klopun image yg ingin honda tonjolkan d.indonesia khusus.y ...
    sya sngat m.nyayangkan hal itu, krn honda tidak melihat segmen pasar dri segi model yg jauh dri kesan mngucilkan pangsa pasar bagi penjualan nova sonic itu sendiri d.indonesia ..

    sebelum.y terima kasih

    ReplyDelete
  10. Pengendara Tangguh18 October 2012 at 22:50

    Salam pengendara ,

    cukup beralasan mengapa Honda tidak menelurkan Ayago. Hal ini memang sebuah dilema besar bagi Honda. Alasannya :

    1. Mesin apa yang paling cocok untuk menggempur Satria FU 150
    dengan tenaga besar dan mesin DOHC 4 Klep 6 Speed? Apalagi
    kalau bukan mesin CBR 150, bukan?

    2. Nah, itu dia. apabila Honda menelurkan CS1 150 atau Sonic 150
    atau apalah namanya, yang penting ayago Honda 150, maka mau
    tidak mau harus bermesin CBR 150 atau apalah jenisnya, yang
    pasti akan setipe CBR 150.

    3. Harga All New Satria FU 150 < 20 juta (19,750 Juta). Maka dengan
    spek mesin yang minimal sama atau seharusnya melebihi spek
    Satria FU, maka Honda mau tidak mau harus bermain di harga
    maksimal 20 jt untuk bisa menahan laju satria FU yang moncerrr.

    4. Itulah masalahnya. Jika Honda nekat menelurkan super sonic atau
    super CS1 atau apalah namanya untuk menghadang FU, maka
    Honda akan 'membunuh' CBR 150. hal itu sangat mungkin terjadi,
    karena meskipun berbeda genre, tetapi harga maksimal 20 juta
    untuk sang ebbek baru dengan harga 35 juta untuk CBR 150,
    dengan mesin yang sama, maka konsumen akan berfikir dua kali
    untuk meminang CBR, akan panas dingin memikirkan si bebek
    super ini. FU bisa saja tergulingkan, tetapi CBR akan terbunuh
    oleh saudara barunya.

    5. Masalah image irit itu bukan masalah besar. kenapa ? karena
    Honda bisa saja menciptakan image merk untuk dua segmentasi.
    a. segmentasi pertama adalah image keluarga Honda
    motorsport. Berarti menyasar pasar kawula muda dengan
    motor-motor Honda kencang yang siap diadu dengan kompetitor
    yang terkenal kencang.
    b. Segmentasi kedua adalah keluarga Honda yang sudah kita
    kenal selama ini yang terkenal irit. ya pasarnya adalah
    masyarakat yang berfikir ekonomis dan value for money nya
    masih tinggi.

    Wallahu'alam. ada komentar ??

    ReplyDelete
  11. akur dengan nomor 5

    revo dan blade basis mesin sma tapi pasarannya beda

    sudah benar jika blade, cs1, megapro , cbr dll jadi line SPORT
    sedangkan revo, supra dll jd line HEMAAAAT

    ReplyDelete
  12. kalo menurut saya klo AHM gak keluarin motor Ayago justru malah bisa merubah image HONDAitu sendiri yang selama ini begitu dipercaya konsumennya yaitu : "AHM kurang care terhadap harapan dan permintaan konsumennya" yang jelas2 banyak berharap. klo saja YAMAHA berani merilis motor Ayago. saya jamin banyak peminatnya dan bukan tidak mungkin pengguna motor HONDA yang selama ini percaya kpd AHM akan berpaling ke YAMAHA karna dinilai lebih care terhadap permintaan pelanggannya. #hanya masukan. Trims

    ReplyDelete
  13. mas , fajar saya pengguna HONDA
    sudah saya buktikan memang IRIT dan Bagus

    tapi saya lebih respect saya YAMAHA
    kok bisa Desain mereka, hampir semua unit
    sesuai selera saya , atau kebanyakan orang INDO
    pokoknya Sportilah , mereka memang lebih care
    ipar saya tiap servis dapat cuci motor GRATIS

    bukan konsumen saya, Sales pun senang di YAMAHA
    khususnya kota kami ( maklum saya pernah jadi SPV. marketing )
    maju terus yamaha, honda jangan mau kalah
    perhatikan dong suara konsumen

    ReplyDelete
  14. mmbnh saudara nya sendiri ... nah CB150R jg mmbnh NMP n tiger bos... pengen nya gue sich honda mau mmproduksi lg sonic biar mkn rame di jln rya

    ReplyDelete
  15. Saya suka m0t0r honda tp kenapa dalam segi bentuk kurang menyenangkan. Dan juga kenapa pr0duk m0t0r honda sonic dan cs 1 yg sp0rt tidak dipr0duksi lagi padahal banyak konsumen yg menyukai m0t0r sp0rt, dan yang pnting b0dy nya yg menarik agar konsumen menyukai honda

    ReplyDelete
  16. ya mending tetep SOHC 125 CC tapi injeksi

    ReplyDelete
  17. Honda sonic SOHC 124.7cc 4 tax, 14 hp, bermain di 10500rpm 5stroke, Satria FU DOHC 150cc 4tax, 16 hp, bermain di 9500rpm 6stroke.

    ReplyDelete
  18. Gue ma lebih demen di Cb klasik, biar pun jadul tp ttp gaul coy..

    ReplyDelete
  19. suzuki udah nyumpel honda pake duit jadi buat apa cape2 bikin sonic

    ReplyDelete
  20. :( saya ingin sonik .cc sama kecepatan suhu mesin beda kencang sonik ;(

    ReplyDelete
  21. Honda Nova Sonic sebenarnya motor yang bagus, saya berharap motor ini dapat lahir kembali menjadi Sonic 150

    ReplyDelete
  22. Masuk akal juga...honda akan selalu setia menjaga dan mempertahankan image irit nya. Setuju gan.

    Numpang ya...jual satria FU terbaru kunjungi www.dealermotorsuzuki.com

    ReplyDelete
  23. Pesaing satria FU ya, tapi lebih sexi ini kayaknya untuk body
    Jadi pengen hehe

    ReplyDelete
  24. Respect and that i have a keen present: Is It Good To Buy Old House And Renovate home remodeling estimates

    ReplyDelete

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.