Desain Sirkuit Motogp Menguntungkn Pembalap Kidal
Sudah hukum alam memang jumlah populasi manusia yang lebih banyak menggunakan anggota tubuh bagian kiri (kidal) lebih sedikit dibanding kebanyakan orang yang lebih nyaman menggunakan bagian tubuh sebelah kanan.
Hal ini juga berimbas pada kemampuan kita mengendarai sepeda motor, jika betul-betul dirasakan, kemampuan rebah -nikung dengan knee down- lebih mantap ke kiri bagi kita pengguna tangan kanan.
Sebaliknya pengguna tangan kiri akan lebih nyaman merebahkan motor kekanan.
Bagaimana bisa?
Mungkin saja karena perbedaan kekuatan tangan/kaki kiri dan kanan yang tak berimbang. Pada saat rebah kekiri, mudah saja bagi kita (kanan) untuk tetap mempertahankan keseimbangan kendaraan. Demikian sebaliknya bagi biker kidal, lebih mudah mempertahankan keseimbangan ketika rebah kekanan.
Tapi anehnya sirkuit di lintasan balap sebagian besar arah lintasannya searah jarum jam, dan yang berlawanan arah jarum jam justru kurang disukai. Contohnya Indianapolis.
Apa semua pembalap aslinya kidal ya... :lol: :mrgreen:
2 comments:
yg desain mungkin kidal juga
Bisa jadi.
:mrgreen:
Post a Comment
Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.