Tuesday 24 April 2012 Posted by AGUS MAKSUM 2 comments » Posted in , ,

Barcelona vs Chelsea, Honda vs Yamaha



Akhirnya tuntas juga kerjaan hari ini, pagi-pagi harus ngambil soal ujian nasional di polres, siang kembalikan ljk ke UPTD sementara tadi malam begadang sampai pagi nonton barcelona vs chelsea. Tapi karena kewajiban, ya ngantuk ga ngantuk tetep harus dilaksanakan.
O iya, Ada hasil menarik dari pertemuan dua leg semifinal kedua tim tersebut, yakni lolosnya chelsea ke final liga champion berkat permainan ultra disiplin & bertahan. Keunggulan ball possesion dan tendangan kearah gawang milik barca tak mampu menghancurkan tembok pertahanan the blues. Bahkan dengan kecerdikan strategi counter attack 3 gol berhasil disarangkan ke gawang victor valdes dalam dua perjumpaan dan hanya mampu dibalas 2 gol oleh tim catalan.


Mengejutkan memang, bagaimana barca yang begitu dominan di liga champion pada musim ini, dapat dijungkalkan oleh chelsea yang penampilannya jauh dari kata konsisten. Bahkan di liga inggris chelsea pun kesulitan untuk menembus zona liga champion. Tapi itu lah sepakbola, sulit diprediksi dan terkadang hasil pertarungan dilapangan tidak selalu berakhir bahagia untuk tim yang lebih superior -dana, pemain, fans-. Dengan strategi yang tepat, bermain efisien dan sedikit keberuntungan tim bertabur pemain kelas wahid dengan dana tak terbatas pun dapat ditundukkan.

Hal demikian tentu saja tidak mustahil dapat pula terjadi dalam bisnis roda dua. Dalam hal ini pertarungan chelsea vs barcelona diganti dengan honda vs yamaha.
Sebagaimana kita tahu honda saat ini lebih superior dibanding yamaha dalam hal dana, lineup produk, jumlah 3s dan yang terpenting angka penjualannya. Tapi jangan under estimate dulu dengan yamaha, dengan setrategi yang jitu, bisa saja perolehan keuntungan yamaha dapat menandingi profit milik sayap mengepak, dan masih mungkin juga suatu saat yamaha dapat mengalahkan honda dalam angka penjualan. Kenapa begitu?

Dengan jumlah lineup lebih ramping, tentu operation cost lebih efisien. Bila operation cost efisien, jelas selisih keuntungan -profitmargin- lebih baik dari sang lawan.

Dan sekarang pertanyaan besarnya adalah, apakah yang dicari dalam sebuah bisnis, angka penjualan atau angka keuntungan?

Artikel ini bukan untuk mendeskreditkan honda loh ya, hanya menganalogikan pertarungan the blues vs el barca dan honda vs yamaha.
So, what do you think?





#maxum#

2 comments:

jnakawara Says:

shell super ekstra...

motoroda Says:

Selamat anda pertamax abadi! :mrgreen:

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.