Friday 29 June 2012 Posted by AGUS MAKSUM 13 comments » Posted in , , , , , , ,

Ketika Country Image Menopang Brand Image


Bajaj dan TVS harus bahu membahu membangun Image India. Ketika salah satunya meroket, yang lain ikut terseret. ketika salah satunya terpuruk, yang lain ikut memburuk.


Telah terjadi pada Jepang juga Korea dan terbukti pada China. Membangun image sebuah produk bukan perkara mudah. Lihatlah di masa lalu bagaimana perusahaan otomotif jepang tak dianggap dan dipandang sebelah mata oleh produsen eropa, tapi dengan perencanaan matang dan keuletan kini negeri matahari terbit menjelma jadi jawara. Dan kesuksesan ini bukan hanya milik satu pabrikan semata tapi juga "menular" ke saudara-saudaranya.


Lihatlah bagaimana invasi Toyota ke pasar Amerika di tahun 1937 (cmiiw), yang mampu mengoyak pasar yang telah mapan kala itu, bahkan membuat indeks perdangangan expor-impor Amerika defisit dari Jepang. Hal ini membawa dampak positif bagi citra pabrikan jepang lain, tak lama berselah Nissan, Daihatsu, Datsun Juga Honda Juga diterima di pasar Amerika dan Eropa.


Kesuksesan serupa juga coba diikuti oleh pabrikan negeri gingseng, tak ingin main-main, berbagai produk berkualitas dengan harga bersaing menjadi senjatanya. Hyundai Yang menjadi pioneer dan mampu menembus peringkat 5 besar otomotif dunia juga menyebabkan KIA kini tak begitu sulit menanamkan Image produk berkualitas.


Bandingkan kedua kasus tersebut dengan yang dialami negeri tirai bambu (China) saat ini, produk china yang telah terlanjur tercoreng dengan Image ringkih dan plagiat, membuat orang berpikir 2x untuk menjatuhkan pilihan ke tiap produk mereka. Bahkan pabrikan sekelas Suzuki Inazuma pun mendapat sedikit cibiran hanya karena diproduksi di China. Juga pabrikan macam Minerva dan Benelli yang berusaha membuang jauh-jauh aroma Mocin. :D


Citra suatu negara memang mahal harganya, hal yang kini tengah dirintis Bajaj, TVS dan Hero di India. Jika satu diantara mereka mampu mendobrak pasar maka kemungkinan besar yang lain ikut berkibar, tapi bila ada yang membawa citra negatif/buruk, dijamin pabrikan India lain juga terimbas.


Write your mind!

13 comments:

Tugino Putro Says:

analisa yang mantab...
bahu membahu dulu buat menancapkan image,,, tinggalkan kompetisi yg tidak sehat,, kira2 begitu ya

Van de Says:

Tul itu,, indnesia kpan bsa jd produsen otmtif kya ngra lain??..

Motoroda Says:

Kalau semua elemen bangsa bersatu tak ada yang tak mungkin. :)

Motoroda Says:

Sip :D

er purpone Says:

analisa yg mantaf

danstechmotor Says:

setujuuu.... dukungan dan simpati masyarakat terhadap produk dalam negeri ikut mendukung lahirnya produk produk membanggakan dari bangsa indonesia.

lare Says:

analisane paten bro..

Ipunk Says:

Survei singkat dibayar mahal, pertama di Indonesia, Hanya ada di bisnis ini. Klik http://www.idsurvei.com/survei/Iphunkmovich

belalang tempur Says:

tinggal group astra cerai ma honda/toyota/daihatsu/lainya,yakin bisa indonesia bikin motor/mobil berkualitas,dgn harga lebih terjangkau,tentu ini perlu dukungan semua pihak,terutama pemerintah,seharusnya bisa,hero aja bisa,

Motoroda Says:

sheep. :)

Motoroda Says:

ocehhh... :)

Motoroda Says:

Pemikiran kita sama bro. :)
http://motoroda.wordpress.com/2012/05/15/miungkinkah-astra-dan-honda-bercerai/

Yudha Depp Says:

MOTOR INDIA MULAI MENARIK HATI KONSUMEN INDONESIA
KARENA KUAT DAN MANTAP. SEMOGA KEDEPANNYA BISA
SEPERTI ITU.
KALAU MOTOR CINA KARENA DARI AWALNYA SUDAH BERMASALAH
AGAK SUSAH BILA MAU MAJU LAGI.


http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/sensasi-ninja-150.html?m=1

http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/knalpot-racing-ahau-motor-untuk-ninja-r.html?m=1

http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/supra-fit-terima-kasih-banyak.html?m=1

http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/vario-techno-uyeeeeeeeeaaaah

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.