Saturday 25 August 2012 Posted by AGUS MAKSUM 3 comments » Posted in

Seandainya Orang Cerdas Yang Boleh Dapat SIM


gambar dari; pustakasekolah.com

Mengendarai Sepeda Motor Butuh Otak Cerdas

Otak manusia secara garis besar terdiri dari Otak Besar dan Otak Kecil, Otak besar dapat lagi di bagi menjadi otak kanan dan otak kiri.

Fungsi masing-masing bagian tersebut sangat spesifik. Dikutip dari triiz.wordpress.com fungsi otak kanan dan kiri adalah sbb;

" kepribadian yang humoris, simple, menyenangkan, lebih percaya intuisi, berantakan/kacau/acak-
acakan, ekspresif, suka bertualang, punya impian besar/imajinasi tingkat tinggi,“pelanggar aturan”, bebas, spontan maka dia cenderung lebih banyak menggunakan otak kanan dari pada otak kirinya. sebaliknya klo ada teman yang punya kepribadian yang sagat serius, rumit, lebih percaya fakta, rapi, terorganisir, profitabilitas,
lebih memilih keilmuan, sangat hati-
hati, suka keteraturan, konservatif,
maka dia cenderung lebih banyak menggunakan otak kirinya daripada otak kanannya."

Lha hubungannya apa dengan naik motor?

Ketika kita berkendara di jalan tentu selalu menghadapi berbagai kondisi yang berpotensi membahayakan keselamatan dan mengalami kecelakaan.

Misalnya ketika tiba-tiba ada anak menyeberang jalan kita harus segera menghindar, juga ketika tiba-tiba melihat lubang atau juga kendaraan lain yang berhenti mendadak, Kita harus cepat mengambil keputusan. Dalam kasus ini kita banyak menggunakan otak kanan ketimbang otak kiri.

Namun jika tak diimbangi otak kiri, maka di jalan mudah terprovokasi, disalip motor bebek ga terima :D, jalan macet ga mau ngalah. Karenanya juga sangat dibutuhkan otak kanan ketika berlendara, cermat memilih jalan paling efisien, tahu kapan musti istirahat ketika touring jarak jauh, paham berapa beban maksimum kendaraan, mampu mengatasi masalah ringan pada mesin motor ketika jauh dari bengkel, dsb.

Selain Otak besar (kanan dan kiri), peran otak kecil tak kalah penting. Berfungsi untuk menjaga keseimbangan, otak kecil sangat menentukan kemampuan mengendalikan sepeda motor, terutama ketika laju kendaraan mendapat gangguan. Seperti ketika masuk lubang atau menabrak sesuatu.

Jadi semua bagian otak sama pentingnya to. Kira-kira gimana kalau untuk memperoleh SIM harus melewati tes kecerdasan dulu ya?. :mrgreen:

3 comments:

orang lewat, numpang komen Says:

kasihan, nanti banyak yg ga lulus test pembuatan SIM

cah bagus Says:

kasihan yg ngetest nanti. soalnya yg ngetest jg belum tentu cerdas.

cah bagus Says:

kualitas pemilik sim menunjukkan bagaimana kualitas mereka2 yg meluluskannya.

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.