Tuesday 28 August 2012 Posted by AGUS MAKSUM 3 comments » Posted in ,

Sulitnya Pengusaha Indonesia Membuka Bisnis Otomotif


gambar dari; sirendi.blogspot.com

Yang Mampu Buat Motor Banyak, Yang Mau Beli?

Bicara Industri Otomotif begitu banyak komponen yang terlibat, mulai dari pengusaha yang jadi produsen, masyarakat yang jadi konsumen, juga pemerintah selaku pemangku kebijakan.

Berbicara Industri Otomotif tanah air lebih rumit lagi, karena karakter anak bangsanya yang khas.

Motoroda ingat Film 'fast and furious', di salah satu adegannya berbunyi kira-kira. "mobil asing ga akan pernah menang lawan mobil amerik, ga akan pernah".

Cuma adegan film memang, namun disini tersirat ada kebanggaan menggunakan produk dalam negeri.

Lha kalau indonesia?

Pengusaha yang punya modal kuat begitu banyak, Bakri, Chairul Tanjung, Tomy, Budi Sampoerna dll.Secara finansial sangat mampu membuka bisnis Otomotif. Tapi apa mereka mau ambil resiko?

Tak hanya pengusaha, BUMN pun buanyak yang punya potensi serupa, KAI, Pelni, PTDI BUMN punya kapasitas mewujudkan Sepeda Motor berkualitas.

Tapi apa mereka berani?

Konsumen Indonesia begitu "brand minded". Pokoknya yang dari luar negeri pasti bagus, produk lokal pasti jelek. Yang mengaku produk nasional (Kanzen) malah gulung tikar.

Karenanya yang sesungguhnya paling dibutuhkan untung membangun bisnis Roda Dua adalah pola pikir kita sendiri.

Siap berubah pikiran?

3 comments:

orang lewat, numpang komen Says:

mungkin karena kurang dukungan pemerintah, kita kan senengnya cuma expor bahan mentah, dan ngimpor lagi kalo udah siap pakai.

Fafa Says:

Sebetulnya kita merindukan produk dalam negeri yang berkualitas dan bisa dibanggakan (mosok kalah karo india, malaysia) klo memang ada kenapa tidak....mkn seperti binter jaman dulu

bambang Says:

kayaknya sih pola pikir terbalik sebetulnya banyak bangsa indonesia yang mau pakai produk sendiri benar2 dari pemikiran atau pabrikan bangsa sendiri ,bukan ngikut atau timingnya tdk pas (pemikiran kanzen produk cina) contoh mobil kijang walaupun pertama hanya kotak makin lama makin diminati.jadi kalau buat roda dua tunjukkan bahwa indonesia juga bisa semua nama design dan di produksi di dengan jelas , banyak yang hanya separo2 seperti motor garuda,timor,vantrend dan banyak lagi motor mocin yang hanya nama

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.