Tuesday, 22 January 2013 Posted by agus maksum 4 comments » Posted in , ,

Sekarang Saat Yang Tepat Bagi Suzuki Terjun Di Kelas Sport Mid-end


Suzuki… Pabrikan roda dua yang satu ini seolah sedang tertidur panjang. Suzuki yang dulu terkenal dengan produk-produk yang selalu advance di kelasnya kini semakin tertinggal, selain Satria FU, nyaris semua lineup Suzuki tak bertaji. Bahkan dibanyak kasus, justru terlihat hanya sekedar mengekor. Tanpa memberi  value lebih.

Di segmen matic misalnya, Suzuki Nex, Lets atau Hayate tak mampu memberi perlawanan berarti pada Honda atau Yamaha sekalipun. Bukan karena produknya tidak bagus, tapi karena produk kompetitor dengan kualitas serupa telah muncul jauh sebelumnya, Suzuki  tampak tertinggal beberapa langkah.

Di kelas Sport malah lebih menyedihkan. Disaat pabrikan Jepang lain sibuk berlomba adu teknologi, desain futuristik, berperang harga di kelas Sport Mid-end 150CC, Suzuki masih tergopoh-gopoh dikelas low-end yang sekarang pun mendapat ‘musuh’ baru dari sang market leader. Seandainya refrashment Suzuki Thunder terakhir kali berjalan mulus, mungkin nasibnya tak segenting saat ini.


Rumor teranyar malah menyebutkan kalau Suzuki akan meluncurkan produk baru yang kabarnya lebih murah lagi dari Thunder. Upaya mencari blue ocean, Bukan strategi yang buruk. Tapi dengan satu syarat, desain tidak boleh alakadarnya. Spek engine boleh mini, tapi tampang wajib maksimal. Mengingat selera rakyat Indonesia yang priyayi. :D

Alih-alih fokus di segmen ‘murahan’ yang justru sempit. Menurut saya pribadi, lebih baik jika Suzuki ikut meramaikan kelas sport menengah yang sedang panas-panasnya. Dengan image DOHC yang powerfull yang telah melekat di sportunderbone mereka, sepertinya membentuk image ‘performance bike’ bukan perkara sulit bagi Suzuki.  Apalagi jika nama yang di usung masih memakai embel-embel FXR Series yang legendaris. Hal  ini tentu bukan pekerjaan mudah tapi juga tidak mustahil dilakukan, mengingat duo produk yang saat ini telah ada tak lepas dari berbagai kekurangan. Terutama di sisi performance.


Dengan basis mesin Satria FU, rangka FXR yang ‘ditelanjangi’. Sepertinya cukup mengimbangi Honda CB150R dan New Vixion yang berkisar di angka 17HP (klaim pabrikan), sementara power on wheel sendiri Cuma di angka 14an HP. Untuk desain, selain ‘nyomot’ FXR, Suzuki bisa saja mengambil body GS150R. Sudah berotot, Kencang lagi. Kurang apa coba? Bahkan dulu kabarnya GS150R akan dijadikan penerus Thunder kan, nah sekarang mending dijadikan kakaknya Thunder saja, Setujuuu?

4 comments:

Firman Fajar Says:

Suzi kelamaan... dan keseringan bikin blunder...
Dulu pake Thunder 125 tanpa engkol, nunggu upgrade ga dateng2... lama lama basi....
Dari 'suka banget' akhirnya jadi 'eneg banget'

myskywave Says:

Untuk sportnya diundur 2014 bro.....Indonesia mengajukan design SUZUKI SV650s

tofan hiday Says:

Lelet kaya YMH Indonesia, padahal diluaran sono selalu up-date duluan...cuma disini lelet fuel!!

agus maksum Says:

@firman fajar; Berbanding terbalik dengan Divisi R4 nya ya. :)

@myskywave; SV650S? kok malah milih yang segmennya super sempit ya?

@tofan; Ga ikut-ikutan ya :D

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.