Sunday 29 April 2012 Posted by AGUS MAKSUM 3 comments » Posted in ,

Potensi bajaj mengikuti kesuksesan samsung.



Ada berita menarik ketika tadi pagi membaca berita di kompastekno, di salah satu artikelnya tertulis pangsa pasar samsung kini telah mengalahkan nokia yang telah berkuasa selama 14 tahun -sejak 1998 CMIIW-. Apa yang membuat samsung begitu fenomenal dan nokia kian tertinggal?

Jawabannya adalah inovasi dan pricing strategy. Kita tahu salah satu keputusan terbesar samsung adalah dengan beraliansi dengan google lewat androidnya. Nah saat ini dengan dukungan OS mumpuni + harga lebih bersahabat membuat samsung mampu mengungguli nokia maupun sateru abadinya iphone, jika pada Nokia, Samsung unggul pada fitur, pada iphone Samsung unggul pricing strategy.

Di pasar roda dua sendiri hingga saat ini Honda telah berkuasa selama puluhan tahun, dan usaha-usaha yang dilakukan kompetitor macam yamaha ataupun suzuki belum mampu mengalahkan honda di sisi penjualan. Dan sekarang sepertinya ada satu pabrikan yang muncul dengan cukup banyak inovasi -seperti samsung- mulai dari berbagai teknologi baru di produknya, melakukan akuisisi KTM -identik dengan kerjasama samsung & android-, menelurkan produk fenommenal seperti p200ns, dan yang terpenting produknya hampir selalu dibanderol lebih rendah dari kompetitor.

So dengan ikhtiar-usaha- yang mirip samsung, sepertinya bukan hal mustahil bagi bajaj untuk mematahkan samurai-samurai dari negeri matahari terbit.

Tapi memang Honda sama sekali bukan Nokia, Honda sadar betul jika mereka terlena kejayaan masa lalu maka konsumen tentu bisa lari ke kompetitor, karenanya Honda selalu menjawab pergerakan lawan dengan produk mereka yang tidak kalah inovatif pula. Untuk mengetahuinya mari kita lihat beberapa tahun kedepan.

Ada pandangan lain Sob?

3 comments:

kirana125 Says:

yg paling berpeluang sbnrnya yamaha, dengan market share no 2 di indonesia dan jaringan 3s yang banyak, yamaha bisa merongrong kejayaan honda, asal yamaha mau menelurkan produk yang kaya fitur canggih dengan harga yang murah..

kebogiras Says:

sepertinya woke juga, kualitas sudah ok, masyarakat sudah banyak yang tahu dan penggunanya sudah cukup banyak, tinggal peningkatan 3Snya

shafa Says:

Yamaha kalah di kapasitas produksi pabriknya, coba saja liat di dealer dealer yamaha tidak semua model ready, beda dgn honda yg selalu ready stock.

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.