Friday 25 May 2012 Posted by AGUS MAKSUM 6 comments » Posted in , , , , ,

Harga KTM Duke Yang Dilematis

image

PR besar buat KTM kalau jadi memasukkan Duke.


Setelah KTM (kuang tang motor) Inul jaman ramenya Mocin dulu kini ada lagi Produsen motor Cina yang menggunakan embel-embel KTM, yaitu APP KTM.


Hal ini tentu bukan kabar bagus buat KTM, bagaimanapun image KTM tentu akan sedikit ternodai, apalagi dimata orang yang tak melek teknologi bisa jadi menganggap semua KTM itu sama "MoCin".


Hal ini tentu berimbas langsung bagi penjualan KTM jika nantinya masuk ke negeri ini. Jalan yang dapat ditempuh KTM untuk mengatasi hal tersebut diantaranya dengan menjualnya melalui Bajaj atau bahkan Kawasaki. Atau jika pun ingin jualan sendiri musti disiapkan strategi yang tepat.


Sebagai mana kita tahu produk KTM dijual melalui Bajaj di india, hal serupa tentunya dapat pula diterapkan di indonesia sekalipun kemungkinannya tipis sekali mengingat posisi Bajaj sendiri belum kuat di sini.


Opsi selanjutnya adalah dengan menjualnya melalui Kawasaki. Seperti di Fipina, Pulsar di sana dijual melalui Kawasaki. Karena KTM pun sekarang sudah dimiliki Bajaj Jadi ide menarik juga kalau nantinya lahir Kawasaki Duke. :D


Pilihan terakhir bagi KTM adalah hadir dengan namanya sendiri, dengan sedikit betaruh tentunya. Tapi sepertinya langkah ini yang akan diambil oleh KTM, dengan beberapa strategi tentunya. Dan diantaranya adalah pemilihan segmen penjualan. Sebagaimana rumor yang beredar dan juga rilis harga di malaysia, Duke nantinya akan bermain di segmen premium.


Langkah yang cukup tepat menurut Motoroda, sekalipun segmen nya sangat sempit tapi justru ini membuat diferensiasi dengan KTM Mocin jadi terlihat. Dan konsumen awam pun jadi mengerti posisi brand KTM. Dan muaranya adalah produk lanjutan dari KTM lebih diterima konsumen.


Write your mind!

6 comments:

justmyimage Says:

salam hangat mas motoroda

justmyimage
menarik sekali reviewnya mzbro.
Yang saya cermati, bila benar bulan juni atw juli KTM DUKE akan diboyong ke indonesia dgn kisaran harga 42 jt-an pastinya membuat galau semua :mrgreen: tapi menurut saya mungkin appropriate/pantas sebab menjaga brand image dari KTM. (maaf, tolong jgn disamakan dgn negara india tentang harga ini. lebih jelasnya silahkan ke blog sy, yg jdul artikelnya mencermati strategi 4 samurai R2 di india dan force major..maaf iklan)

yg untuk brand image KTM di indonesia. Banyak cara untuk mengangkat brand image ini dgn creative marketing (simple, strong, and on target) tpi jgn disamakan dgn cara BAI, harus lain jalur biar brand imagenya tdk sama.

dan ada satu lg yg jdi perhatian sy ialah bahwasannya berita duke ini masih sinyalemen (ngutip kang TMC ) berarti sepertinya KTM/BAI (DUKE & P200ns) sedang melakukan psy War terhadap new VIXION dan Tralisnya HONDA.
bila benar adanya red ocean membaraaa..panas euy :mrgreen:

wah maaf mzbro kepanjangan lg..
Maturnuhun.

justmyimage Says:

salam hangat mas motoroda

justmyimage
maaf mzbro nambahin lg.. :mrgreen:
sy lebih sreg bila KTM hadir di indonesia dgn membawa brandnya sendiri terpisah dari BAI.
apakah berat nantinya fight sendiri?.. Klo menurut sy yg terpenting strategi creative marketingnya yg dikedepankan (simple, strong and on target). Bila masih belum jelas u/ KTM/BAI silahkan contact sy.. Yaa iklan lg.. :-)

Bambang Sugeng Says:

KTM di Indonesia yang beli bakalan terbatas, paling biker menengah keatas yang melek blog, nggak pusing dengan masalah 3S dan nggak bakalan ngejadiin motor itu tunggangan harian. Buat mayoritas potensial buyer dari kalangan menengah kebawah, citra KTM udah tercemar dengan merek motor cina APP KTM, pasti KTM dikiranya sama dengan merek motor cina dengan kualitas murahan.

hampura Says:

Sahamnya kan udah dibeli bajaj (sama warnanya ya dengan bajaj roda tiga :) ) ..gpp dijual di gerai bajaj ...kan buat R2 enthusias mah KTM udah pade tahu... kalao KTM Cina itu Kwang Tung Motorcycle ... :) ... payah kualitasnya... nama depan APP kalau gak salah itu Asia Pxxx Prima ... salam Duke. katanya ada yang bilang Rp.56 jeti tuh ? ...kalau Rp.42 mah kayaknya rame bisa ngerubah pikiran nyang mau beli CEBEER ato Ninja tuh :)

Alaya Band Says:

Wah menarik nih...siapa mau beli?

xwaller Says:

setuju apa kata ente, kasian bener bwt orang yg ngga melek produk, bisa dimaki2 lah ktm dikira cina, mahal pula, padahal finlan punya dia, ayo2 berjuang KTM (coba ane punya doku, udah ane comot satu si "DUKE") :D

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.