Ultimate Value Strategy VS Ultimate Sandwich Strategy
Ultimate super sandwich
Menarik sekali artikel dari Mind genesis tentang berbagai strategi menghadapi kompetitor. Dalam hal ini yang jadi aktor utama adalah Vixion, Byson dan si misterius Teralis yang kabarnya segera mengaspal.
Kuatnya dominasi duet maut Yamaha membuat Honda berpikir keras dan extra hati-hati dalam menyiapkan jagoan 150cc nya. Rumor yang beredar berdasarkan bisikan ghaib yang diterima sesepuh blogger ternyata produk baru Honda memiliki perpaduan kelebihan Vixion + Byson, tampaang keren + tenaga ga' memalukan. Bahkan dibeberapa bagian mengungguli keduanya, seperti di sektor mesin yang telah menggunakan mesin DOHC 4 Katup. :O
Jika dengan kekuatan demikian besar nanti dibanderol setara dengan Vixion alamat kejayaan Vixion tinggal menghitung hari
Sebelumnya, keberadaan Vixion dan Byson sendiri seolah membuat motor batangan andalan Andalan Honda (NMP) berada pada posisi terjepit. Menurut Mind Genesis istilahnya Sandwich Strategy, untuk performa dan teknologi Vixion mengungguli NMP sementara Tampang Macho Byson jelas diatas NMP. Namun itu cerita lama karena dengan strategi baru honda (Ultimate Value Strategy) yang menggabungkan keunggulan kompetitor bahkan juga menambahkan Value lain sepertinya produk yang lahir nanti akan sangat amat kuat. tapi apakah tanpa celah untuk menggulingkannya lagi?
Tentu saja bro, sebagai mana di tulis kang Taufik TMCBlog bahwa kehadiran New Lineup dari Honda yang unggul telak secara value dapat menciptakan standar benchmark baru. Hal yang sebenarnya dulu telah dilakukan oleh Vixion yang membuatnya menyandang giant killer karena keunggulan value nya mampu menjungkalkan penguasa pasar kala itu, bahkan "berkat" vixion kini kita punya standar baru pada motor sport (monoshock contohnya). Siapa tahu dengan kemunculan Si misterius yang -kabarnya- menggunakan mesin DOHC membuat mesin DOHC jadi standar baru untuk motor sport 150cc
Jadi Motoroda pikir nantinya sekalipun produk anyar Honda hadir dengan kemampuan sangat advance dan mampu menjungkalkan raja saat ini, tetap saja tak menutup kesempatan untuk APM lain khususnya Yamaha untuk segera menyusul atau bahkan mengambil alih kembali singga sana mereka.
Caranya bagaimana?
Selain dengan membuat Produk dengan value sama, Strategi sandwich yang dipakai Vixion-Byson saat ini bisa diaplikasikan lagi. Misalnya dengan membuat dua produk baru atau pengembangan Vixion-Byson sehingga Performa Vixion mampu mengungguli si DOHC dan tampang Byson lebih gagah dari Si teralis.
Apakah mungkin?
Tentu bro, dalam teknologi selalu ada pembaruan, siapa yang 10 tahun lalu menyangka.Monoshock jadi populer atau FU yang DOHC sukses menggantikan Satria lama Atau radiator jamak di produk roda dua atau bahkan menjamurnya teknologi injeksi saat ini dalam teknologi khususnya Sepeda Motor tak ada yang namanya Sempurna, selalu ada celah untuk pembaruan.
Ini cuma opini pribadi blogger kelas teri bro. yang tidak sependapat silahkan saja. :)
Terakhir, seperti biasa, Write Your Mind!
8 comments:
ujung2nya konsumen yang diuntungkan....
Betul bro. :)
podium
[...] Blog MOTOr ROda DuA Motorcycle Opinion In Short And Simple Word BerandaMaxum ← Ultimate Value Strategy VS Ultimate Sandwich Strategy [...]
perlu dilihat kekuatan finacial pabrikan masing masing apakah yamaha sanggup dan mau meladeni honda untuk motor sport yang sharenya hanya 10%.dan lihat juga tulang punggung yamaha matic dan bebek yang sharenya kalah telak dan penyakitan.tentu yang diharapkan honda yamaha mau meladeni sehingga resource yang dimiliki akan terkuras,,sementara honda masih punya otot yang kuat.dan terus menyerang dengan produk yang lebih bagus lagi bagus lagi..ujung ujung nya price war konsumen diuntungkan dan ini pasti yamaha klenger dan menghindar dari price war...inget kejadian tahun 80an di jepang?
Kayaknya jalan ceritanya seperti yg dituliskan diatas..tralis keluar,yamaha baca situasi..kalo penjualan byson-vixion tergerus,barulah new vixion yg ada di spyshoot keluar,untuk refreshment byson sepertinya masih lama..IMHO
Kalau terawangan ane malah yamaha ngeluarin sport fazer 250..tapi jangan kaget juga kalo nanti honda punya all new naked sport hitech yg valuenya diatas tralis..let's see..ujung2nya pertarungan tiada henti..akan begitu terus
Dan konsumen tentu diuntungkan. :)
Tapi jika tak meladeni tentu akan lebih babak belur bro. seperti kejadian tahun lalu di segmen bebek dan matic atau juga suzuki yang semakin tenggelam. tentunya jika ikut ke kancah pertempuran musti disiapkan strategi yang tepat dan efektif. Just opinion bro. :D
Post a Comment
Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.