Friday 15 June 2012 Posted by AGUS MAKSUM 11 comments » Posted in

Ketika Ekosistem Tak Seimbang

image

Ketika Ekosistem Tak Seimbang, entah karena faktor alam, jumlah predator meningkat pesat, jumlah mangsa menyusut drastis atau kondisi alam berubah extrem. Butuh suksesi sekunder untuk mengembalikan keseimbangan ekosistem, keseimbangan alam. Dan alam selalu mampu melakukan suksesi. Seburuk, sehancur, setimpang apapun kondisinya.


Disaat ekosistem otomotif kian tak berimbang, dominasi sang top predator menyebabkan predator lain tak mampu berkompetisi, dan bahkan jadi mangsa. Populasinya kian menyusut dan menuju kepunahan. Tinggal satu nice lagi yang tersisa sebelum sang top predator juga mengambil alih.


Apakah ketidak seimbangan ini akan terus berlanjut? Apakah tak akan ada suksesi? Apakah yang akan dimakan Top predator jika semua mangsanya habis? Atau maukah sang Top predator menjadi herbivora? Tapi apakah ususnya punya enzim selulase untuk mencerna daun?


Atau lambat laun dominasi sang top predator akan mencapai klimaks? Keadaan berbalik dan kembali menjadi seimbang, artinya terjadi suksesi.


Kapan?


Mungkin saat predator lain atau mangsanya mampu beradaptasi sementara sang top predator terpaku dengan manisnya kemenangan, nikmatnya berada di puncak piramida makanan.


Tapi ingatlah, bahkan T-Rex pun dapat punah, sang top predator kala itu pun tinggal fosil.


Alam memiliki hukum, semua ada masa jayanya. Tak ada yang abadi.


Jangan congkak ketika diatas, jangan bersedih ketika dibawah.!

11 comments:

Dismas Says:

Puncak piramida makanan = comfort zone :D
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/14/modifikasi-ninja-250r-sterilgarda-edition/

nunk iman Says:

wah masih dibawah truz dan hampir tergilas nih...
tp musti semangat bro..

Motoroda Says:

tenang. ada masanya

Motoroda Says:

adem ayem... ga punya predator

lare Says:

hukum alam ga pernah ga bisa di modif, wes to.. mesti berlaku...

Motoroda Says:

tentu.. :)

Gianluigi mario Says:

rantai makanan kudu nggak putus.. :D

Gogo Says:

waktu yg akan mengaturnya..

galah pengering Says:

kira-kira seperti Nokia kah ?

sambel Says:

artikel penghiburan

KISAH SUKSES IBU HERAWATI Says:

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya IBU HERAWATI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor Togel toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya silahkan kunjungi situs/website KLIK DISINI DUNIA GHAIB yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.