Tuesday 9 October 2012 Posted by AGUS MAKSUM 3 comments » Posted in , ,

Penjualan Roda Dua Vs Roda Empat


suzukiertigq.net

Industri Otomotif sedang tumbuh subur di Negeri ini. Berbagai produk roda dua dan empat bermunculan nyaris tiap bulan. Namun tren dari keduanya sedikit berubah tahun ini. Ya, tahun ini seolah jadi perubahan peta 'kekuasaan' industri otomotif.

Jika beberapa tahun belakangan industri roda dua terus berkembang, tahun ini sepertinya jadi titikbalik. Untuk pertama kalinya sejak 2008 pasar roda dua bergerak negatif.

Meski ditengarai banjir thailand dan juga DP minimum effect yang mengejutkan juga turut berandil. Tak dapat disangkal kenaikan kelas ekonomi menengah juga jadi biangkeladinya. Lho, kok? :mrgreen:

Populasi kelas menengah saat ini memang yang mendominasi pembelian roda empat entry level. Selain juga memiliki roda dua tentunya. Dan sampai saat ini dari 40jt lebih kelas menengah masih cukup banyak yang belum memiliki mobil sebagai alat transportasi.

Berbeda dengan Negara maju tentunya, dimana kelas menengah mereka telah menjadikan mobil sebagai kendaraan utama, dan bahkan gaya hidup. Tapi saat ini perlahan hal serupa terjadi disini.


bloggers.com

Disaat penjualan sepeda motor menunjukkan tren negatif. Roda empat justru sebaliknya, selain lebih baik dari pada tahun sebelumnya penjualan tahun ini bahkan telah melampaui target yang diperkirakan. Dari target awal yang hanya 900.000 kini justru diyakini akan menembus angka 1jt unit di akhir tahun, sebagaimana di lansir tempo.co.

Karenanya diprediksi sebelum 2020 (target awal) pasar roda empat telah menembus 2jt pertahun.

Bandingkan dengan sepeda motor yang tahun ini tak mampu memenuhi ekspektasi penjualan yang diprediksi di angka 8,3 jt, dan akhirnya AISI merevisi target menjadi 6,3 jt saja.

Akankah tren ini terus berlanjut, atau hanya sementara saja? Kita lihat saja. :D

3 comments:

jnakawara Says:

haduhh... penjualan sepeda (pit) nambah berapa yaa??

Gelar lapak nih bro。。。
silahkan mampir...

ini asli band favorit saya.. :D
http://nakawara.wordpress.com/2012/10/06/noah-band-favorit-saya-nehh/

yang suka nyawang-nyawang motor nih, boleh dibaca..
http://nakawara.wordpress.com/2012/10/07/pose-yang-bikin-ngganteng/

Rajanya bebek.?? :-)
http://nakawara.wordpress.com/2012/10/05/jupiter-z1-motor-bebek-hampirperfecto/

Atau yang mau nunggu motor sport tiga busi... B-)
http://nakawara.wordpress.com/2012/10/05/pulsar-200ns-cuma-kurang-injeksi/

gasfuel Says:

kalau keadaan ekonomi tetap stabil insya allah akan berlanjut bro,
dan melihat gaya hidup orang kita, penjualan mobil akan terus meningkat,
lihat saja kasus boomingnya avanza/xenia,
apalagi kalau proyek lcgc pemerintah ini berjalan dan diikuti pabrikan lain,bukan hal mustahil penjualan mobil akan meningkat pesat
apalagi sekarang pendpatan perkapita kita sudah tembus melebihi usd 3000, dimana penghasilan tsb dihuni kaum kelas menengah dan tiap tahun akan bertambah jumlahnya.
saya setuju banget diartikel bro sebelumnya "menanti datangnya era moge" makanya saya juga menunda untuk membeli moge di tahun ini (pdhal dah ngidam banget :) ) dan mengalihkan uangnya untuk investasi dulu..

Mobil Batam Says:

Pertumbuhan demand akan kendaraan bermotor harusnya diimbangi dengan infrastruktur jalan yang bagus juga.

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.