Wednesday 2 May 2012 Posted by AGUS MAKSUM 5 comments » Posted in , ,

Yamaha dan Suzuki Tak Akan Mampu Menggulingkan Honda di Segmen Skutik



Bila saat ini motor sport yamaha posisinya masih sangat kuat, tapi di segmen paling gemuk yakni motor bertransmisi matic, Honda sepertinya masih terlalu perkasa buat yamaha ataupun suzuki.


Terlihat dari data penjualan teranyar, yamaha maupun suzuki yang memiliki beberapa amunisi baru seperti mio j dan mio fino (soul gt belum genap satu bulan) maupun suzuki nex yang jadi andalan suzuki yang notabene lebih fresh tidak mampu mengusik kemapanan honda beat.

Bahkan pangsa pasar honda terus melejit pada triwulan pertama tahun 2012 yakni menjadi 67% penjualan skutik nasional dari 43% pada tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Entah apa penyebabnya, mungkin disain terbaik di tiap kelasnya atau image irit dan hi tech milik honda pemicunya, yang jelas honda beat masih terus meroket sekalipun belum di refresh oleh ahm, tak terbayang lagi kalau ahm memfacelift si jagoan matic ini.


Karena itu motoroda memprediksi dominasi honda di segmen skutik tidak akan mampu disaingi oleh suzuki atau pun mio j sekalipun dalam hal jumlah penjualan. Setidaknya dalam waktu dekat.

Tapi ini cuma prediksi dan pandangan pribadi masbro, kalau anda punya pandangan lain ya silahkan saja. :)

last... Waktu yang akan berbicara :D

5 comments:

kodokijo Says:

Sebenarnya mampu aja sih, tapi tergantung ada niat apa gak, dan kalo niat bener2 niat tinggal keluarin amunisi terbaiknya dan set hrg jual yg ter-value dalam arti jgn ambil untung terlalu besar dulu. Yamaha, ok lah dari segi modal gak bisa banyak bergerak, tp kalo grup Indomobil hrsnya bisa, dgn melakukan efisiensi dalam grup bisnisnya, ya mungkin dgn melepas keagenan produk2 yg gak gitu menguntungkan tapi menguras 'energi' sumber daya modal dan SDMnya. Dgn begitu Indomobil saya yakin bakal sanggup fight lawan AHM. Namun seperti kita ketahui sendiri bahwa grup Indomobil lbh fokus ke roda empat, makanya divisi roda dua nya seakan terbengkalai, hidup segan mati ogah :mrgreen:

Dr.Feelgood Says:

mindset konsumennya masih belum berubah hehehe....... :D

bensincampur Says:

atas ane...idem :D

EXYBAND Says:

hmm....
masyarakat kita udah bosen dgn desain skutik kompetitor yg gitu2 aja gak seperti Hodna yg sangat beragam.
mau yg ramping ada BeAT, mau yg gede dan fungsional ada Spacy, mau yg elegan ada vario, mau yg retro ada Scoopy, mau yg futuristik robotik ada vario techno, mau yg super mewah ada PCX.
kompetitor apa punya jagoan sekomplit ini?

sponge bob Says:

ada pepatah mengatakan: DI ATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT.
dulu yamaha berbangga hati karena menguasai pangsa pasar motor matic lewat MIO seriesnya shingga lupa diri tidak berbenah diri. Honda melihat peluang ini dgn mngeluarkan berbagai macam jenis motor matic. Hasil kerja keras Honda berhasil.

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.