Friday 11 May 2012 Posted by AGUS MAKSUM 5 comments » Posted in

Membuat motor super itu sulit, tapi lebih sulit lagi membuat motor yang valuable



Masih ingat pernyataan yamaha yang menyebutkan membuat yamaha mio jauh lebih sulit dari membuat motor balap? Atau anda masih bertanya-tanya kenapa honda yang merupakan pabrikan roda dua terbesar sejagad raya kesulitan melahirkan si Tralis "vixion killer". Atau mengapa hingga saat ini satria FU nyaris tak tersentuh oleh pabrikan-pabrikan top.


Hal tersebut terjadi bukan karena ketidak mampuan sebuah APM -apa lagi apm besar- melahirkan sebuah kendaraan super wah dengan teknologi dan fitur melimpah, tapi lebih dari itu, yakni sangat sulit membuat sebuah produk tanpa cela yang dibanderol dengan harga tak berbeda dengan produk inferior.


Mungkin sebenarnya strategi produksi masal dapat membantu, tapi tentu tak sepenuhnya, kalau kita lihat kemampuan produksi AHM bisa dibilang nyaris unlimited, kapan dibutuhkan penambahan kapasitas produksi maka tak lama pasti terealisasi. Tapi toh masih sulit juga untuk "membuat produk bervalue tinggi dengan harga rendah". Apalagi kalau bocoran harga tralis yang 24-25 jt benar adanya. Terbukti to?

5 comments:

yoyoy Says:

sebuah mahakarya yg sulit,krn tercipta lwt proses yg panjang.Mulai dari design riset dll.Sedih kLo karya tsb di copas seenaknya oLeh pabrikan Lain.ApLg pabrikan tsb pk bawa2 motnas pdhL mocin

Dr.Feelgood Says:

suzuki jos gandos, hehehe. . . .

good day Says:

Tak semudah membalikan telapak tangan,,,,,,

someone Says:

semoga artikle ni d'baca para fansboy yg suka jelek2in mtor, biar sdar mereka kalo bkin mtor tu susah!!!

nursetyoadjie Says:

Honda T.O.P.

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.