Thursday 10 May 2012 Posted by AGUS MAKSUM 2 comments »

Pemilihan brand ambasador Honda Yang Terbaik



Sebuah produk selalu biasanya selalu mengusung yang namanya brand ambasador. Entah yang populer, agak populer, ataupun belum populer.:D


Brand ambasador untuk tiap tipe kendaraan harus memiliki karakter tertentu yang hendak ditonjolkan oleh pabrikan pada produk tertentu.

1. Speed, akselerasi, handling
untuk memperkuat citra motor yang "racy" jelas dibutuhkan sosok publik figur yang biasa terun di dunia balap. Contohnya penggunaan rossi -dulu- dan lorenzo untuk jupiter z dan jupiter mx, atau lorenzo, pedrosa dan dovisiozo pada honda blade. Dan terbukti varian yang mereka usung moncer di pasaran.

2. Gaul & Fun
untuk mempertegas kesan "muda" dibutuhkan publik figur yang benar-benar berjiwa muda. Seperti misalnya pemilihan agnes monica untuk vario, agnes -lagi- dan daniel untuk vario 125, Bunga untuk Spacy,

3. Macho
untuk kendaraan-kendaraan yang definetly man :D tentunya dibutuhkan brand ambasador yang "laki banget". Contohnya pengunaan primus di awan kemunculan NMP dulu, atau iklan ninja 250 dan ER6N yang mengedepankan sisi "macho".

4. Elegan
nah untuk motor yang cucok untuk yang sedikit berumur, sebaiknya yang dipilih adalah seseorang yang tak memiliki rekam jejak negatif, agak berumur :D, dan tentunya "berkharisma". Pemilihan ponaryo astaman untuk iklan supra x 125 -dulu- dan dedy mizwar untuk vega R sepertinya cukup tepat.

Nah dengan karakteristik 3 poin diatas sepertinya ada beberapa motor yang kurang berhasil dalam mencitrakan produknya lewat brand ambasador.

Seperti contohnya penggunaan bambang pamungkas sebagai brand ambasador apache, kok sepertinya kurang pas ya, bambang yang sangat elegan lebih cocok mengikuti jejak ponaryo, kalaupun mau memakai jasa seharusnya pemain bola yang bertubuh tinggi besar atleis :D dan tentunya berkarakter cepat, atau bahkan lebih baik lagi kalau menggunakan bintang basket dalam negeri yang secara postur biasanya lebih meyakinkan. :)

ada lagi iklan satria FU yang sepertinya kurang "Pas". Citra ayam jago yang super cepat tak tampak di ambasador iklannya, justru kesan macho yang tertangkap, tak ada salahnya memang toh target marketnya mungkin untuk kaum adam. Cmiiw. Tapi sepertinya bintang iklan tersebut lebih cocok di sematkan di iklan thunder. :D

Nah kesimpulan akhir menurut motoroda Honda lah APM yang paling cerdas dalam memilih brand ambasador produk mereka, apakah ini salah satu penyebab menjulangnya market share mereka?.bisa jadi. Tapi ini cuma opini pribadi bro biker, anda punya pendapat lain?

2 comments:

yoyoy Says:

Makin lama brand ambassador Yamaha makin konyol,,,7icon,jkt 48,mnjadikan Yamaha kurang elegant.Mirip spt suzuki semenjak kehilangan alm.Basuki.Nama Deddy Mizwar,Didi Petet,Komeng sdh bertahun-tahun melekat di hati pemirsa.Bgtu jg dgn Agnes&VJ.Daniel.Sedangkan boyband&girlband adl hal baru&menurut saya hanya tren sesaat,membuat motor baru Yamaha seperti tren sesaat.Heboh saat Launching,tp tenggelam kemudian...seperti Mio Fino,skr kabarnya spt tenggelam.

Gogo Says:

anggaran tiap pabrikan beda2 mungkin, duit honda lebh kuat buat nyewa figur2 keren..

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.