Wednesday 23 May 2012 Posted by AGUS MAKSUM 21 comments » Posted in , ,

Moge, Di Indonesia Besok Lebih Moncer Dari Pada Di Eropa

image

Penjualan moge diindonesia bisa lebih tinggi dari negara maju


Terinspirasi dari artikel RiderTua.
"Space Perang Motor Sport 250 Seluas Apakah".


Sekalipun saat ini penjualan sepeda motor ber kubikasi besar belum ada apa-apanya di banding negara maju di benua eropa dan amerika tapi market indonesia menyimpan potensi besar untuk suatu saat menyamai bahkan mengalahkan dalam hal penjualan.


Kenapa bisa brgitu, menurut Motoroda konsumen roda dua Indonesia memiliki beberapa faktor pendukungnya.


Jika di negara maju sejak lama kendaraan roda dua hanya jadi kendaraan hobi. Di negeri ini lain lagi, sebagian besar masyarakatnya menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi utama. Akibatnya lihatlah populasi motor dibanding jumlah penduduk. Mungkin hampir tiap rumah pasti memiliki Sepeda Motor. Tak peduli yang telah berMobil 5, berMobil butut, apa lagi tak punya mobil. Bak kata "Tiap Irung Jungkel Ndue" :D


Tradisi menunggangi si kuda besi pun tak semata milik kaum adam, Wanita atau wanita jadi-jadian pun biasa menunggangi bebek, matic, bahkan motor batangan :D


Nah bayangkan jika pengguna roda dua ini sebegitu banyaknya pasti jumlah biker yang ingin naik kelas tentu lebih banyak.


Tapi yang namanya naik kelas tentu bertahap. Dari kelas 1 tentu ke kelas 2, dari 150cc tentu ke 250cc dulu tidak langsung ke 600 apalagi 1000cc.


Nah karenanya APM wajib bersiap-siap menyambut era 250cc yang tentunya terjadi berkat meningkatnya daya beli konsumen. Produsen yang tak siap, bersiaplah gigit jari. :)


Hal ini disadari benar oleh first mover (cmiiw) Kawasaki, yang menghadirkan sport 250cc pertama, juga Honda lewat CBR 250 yang juga tak mau ketinggalan. Juga jangan lupakan Suzuki yang juga mencoba bermain di segmen ini.


Masih ingat artikel sebelumnya tentang Image dan Branding? Membangun image dan menguatkan branding bukan perkara mudah di negeri ini. Butuh waktu panjang dan kerja keras sebagai pondasinya. Dan sepertinya Kawasaki dan Honda telah memulai pembangunan pondasi itu. Yang lain ga mau ikutan?


Write your mind!

21 comments:

Ari CX Rider Says:

kebutuhan, hoby , ato gengsi hayoo ??? hehe

http://areeya2.wordpress.com/2012/05/23/konsep-modifikasi-vario125/

Imouto Says:

naik kelasnya dari 150cc ke 600cc langsung. soalnya ikut program percepatan alias, kaya mendadak.

shinju2 Says:

kalau saja pajak untuk moge tidak sebesar sekarang atau paling tidak hanya sedikit di atas pajak yang diterapkan pada kendaraan bermotor di bawah 250 cc pasti era moge sudah datang pada tahun ini juga. Banyak orang di Indonesia mengeluh tentang mahalnya moge yang akan mereka pinang tapi mereka belum tahu bahwa harga on the road untuk moge separuhnya buat bayar pajak barang mewah...

http://shinju2.wordpress.com/2012/05/22/kawasaki-klx-250-review/

Motoroda Says:

:D

Motoroda Says:

kalau MoGe sepertinya bukan sekedar kebutuhan lagi. ;)

Motoroda Says:

betul sekali bro. padahal seandainya pajak tidak sebesar sekarang mungkin justru pendapatan negara dari pajak bisa lebih besar lagi, karena penjualan moge lebih moncer. :)

shinju2 Says:

suatu saat kalau pemasukan dari bidang laen sudah maksimal mungkin baru komponen pajak barang mewah akan di turunkan atau malah di hapus seperti komputer saat ini.

Agus Marciano Riyanto Says:

Indonesia ini negara makmur walaupun msh blm dlm hal pemerataan ! Coba lht betapa antusiasnya masyarakat kita thd motor . Populasi yg luarbiasa " moto gp tanpa kita tentu kekurangan sponsor ! Dan untuk hoby dan prestige moge merupakan salah satu pilihan selain mobil sport !

andrian Says:

mosok...??
harga moge dilur negeri hampir sama dengan mobil bahkan ada yang lebih mahal.
Disana banyak moge karena daya beli mereka yang tinggi, dan saya yakin orang punya mode disana sebagian besar sudah punya mobil.
Disana (negara maju) moge hanya jadi hobi. Karena untuk harian, moge kurang safety dibanding mobil.
Resiko naik motor lebih besar dari pada naik mobil.
Saya yakin JIKA suatu saat daya beli orang Indonesia meningkat, populasi moge disini pun akan meningkat, tapi saya juga yakin hanya sebagian kecil saja dari mereka yang akan menjadikannya sebagai transortasi harian. Mereka akan lebih memilih mobil sebagai transportasi harian mereka karena alasan safety tadi.

so jika anda berpikir di negeri indonesia ini akan banyak moge karena alasan sebagai transpotasi harian, perlu dipikirkan lagi.

apriantoblog Says:

punya moge di indonesia masi mikir mikir bro, jalan berlumpur aja masi lebi alus dari jalan beraspal di mari, ga jarang dapet bonus kolam kering di jalan, di tambah pajak, moge bukan lah masa depan indonesia kalo seperti ini, justru menurut ane yang akan pegang jaman otomotiv ya si mobil murah, 100 jt kebawah, kenapa? kebutuhan seseorang sekarang uda naik, barang bawaan banyak, mobil murah jadi solusi bro, di tambah lagi ciri dan gaya hidup wanita, yup, perempuan indo paling suka liat cowo pake moge keren, tapi pasti ga akan sudi di boncengin, lebih pilih mobilnya, alesan klasik, ga bikin item

cowo punya moge ga punya mobil di angap seranga sama cewe, di manfaatin kalo kepepet aja, sedangkan cewe yang suka sederhana ga mungkin pandang moge atau bebek

pajak? yup itu kendala juga, gede bgt di atas 250, jadi bukan solusi juga

jaman yang paling mendekati ya moge wannabe, atau skuter dengan cc lumayan gede seperti 200 atau 250 ccan

impactnya, siap siap ga nyaman aja mau parkir apa aja kaya sarden :D

bapakeVALKYLA Says:

yg penting jangan pakai patwal + arogan...

smartfaiz Says:

Susah kalau pajak dan regulasi tetap mengekang....

white vario Says:

tetep aja harganya ga kejangkau mending beli mobil kata bokap gw yang awam,kalo gw sih pengen dua duanya
Tapi disini kan pajak barang mewah kan gila gilaan tuh hampir seharga barangnya,itupun kalo masuk kas negara mah gw ikhlas,lah kalo masuk kantongnya gayus gimana?
Moga aja kedepanya pajak dikurangin atau malah kalo bisa kaya india gituh biar harga moge juga kejangkau
Kalo harga moge kejangkau dilihat dari sisi positifnya kan banyak tuh yang punya,karena banyak yang punya tidak menutup kemungkinan kalo di masa depan akan ada pembalap indonesia minimal di wss,wsb,ato malah motogp,kan udah biasa naik moge,ga kaya sekarang dari lahir udah dicekokin matic,batangan paling cuman itu itu aja paling mentok 250 cc!

wirawiri Says:

tapi sayang motor sport Indonesia dikasih yang elek elek...
padahal perusahaan asing jualan dan dapat untung JUAUUUHHhhh dari pada jualan di eropa....ck..ck..kapitallisme selalu menghisap dunia ke 3 sejak jaman rempah rempah!

arogan Says:

kl di eropa setiap orng beralih pake kendaraan baju jet baru moge di indo lbih moncer dr eropa. Tidak beralasan indonesia lbih moncer..jalan aja jelek, sempit, rame. Ga seperti di eropa jalan lengang, mulus dan lebar. orng indo beli moge buat gaya2an doang.

Gogo Says:

situasi bs terbalik klo Indonesia udah naik kasta jadi negara Maju, dmn Transportasi publik lbh diutamakan.

multi rider Says:

Yang pasti faktor pajak, harga, kebutuhan hidup , fasilitas , gaya hidup , penghasilan , amat sangat mempengaruhi..;;''

Unknown Says:

Hidup di indonesia dgn pemerintah yg super munafik...mana mungkin kita bisa berharap banyak? berbagai alasan dapat saja dibuat oleh para petinggi yang disebut pemerintah! contoh soal PPNBM...saya heran...apa sich analogi yg membuat tuh menteri bikin alasan dibuatnya aturan tsb? Soal perkembangan produk lokal? Klo utk sepeda motor emangnya ada produsen lokalnya? Siapa? Honda? Suzuki? Yamaha? Wooyyy! Melek donk....itu semua prinsipalnya dari luar! Kalo soal tertib lalu lintas? Bikin SIM yang ketat donk...jgn pake sogok lg....dibuat tingkatan menurut cc mesinnya... siapa yg bole mengendarai moge dan klo yg gk lulus ya gk bole..! Payah banget nih pola pikir sodara-sodaraku setanah air yang pada katrok!!!

Unknown Says:

Kho...koq mikirnya ke soal cewek sich bro??? Ini bicara soal moge....soal motor....soal hobi....ente emamg typikal orang katrok ya...

Unknown Says:

Emang Indonesia itu katrok bro! Pemerintahannya aja munafiknya naujubileee...hehehehe

Unknown Says:

Hidup di indonesia dgn pemerintah yg super munafik...mana mungkin kita bisa berharap banyak? berbagai alasan dapat saja dibuat oleh para petinggi yang disebut pemerintah! contoh soal PPNBM...saya heran...apa sich analogi yg membuat tuh menteri bikin alasan dibuatnya aturan tsb? Soal perkembangan produk lokal? Klo utk sepeda motor emangnya ada produsen lokalnya? Siapa? Honda? Suzuki? Yamaha? Wooyyy! Melek donk....itu semua prinsipalnya dari luar! Kalo soal tertib lalu lintas? Bikin SIM yang ketat donk...jgn pake sogok lg....dibuat tingkatan menurut cc mesinnya... siapa yg bole mengendarai moge dan klo yg gk lulus ya gk bole..! Payah banget nih pola pikir sodara-sodaraku setanah air yang pada katrok!!!

Post a Comment

Meski tanpa moderasi berkomentar dengan bijak ya, tulisanmu cermin kepribadianmu! Ok.